Minggu, 28 November 2010

Windows Platform (in 32 Bit and 64 Bit)

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.

Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. Perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada suatu software Windows ini mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-Bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-Bit tetapi tidak berlaku untuk semua software.

Sama seperti versi windows sebelumnya Windows 7 juga memiliki 2 platform yaitu Windows 7 32-bit dan Windows 7 64-bit. Lalu mana yang harus dipilih dan cocok dengan Laptop atau komputer yang anda miliki? Selain itu mungkin juga anda sedikit bingung apa sih bedanya antara Windows 7 32-bit dengan Windows 7 64-bit? Inilah pertanyaan umum yang sering muncul.

Anda mungkin ingin menentukan apakah platform Windows sudah terinstal. Untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki platform Windows, ikuti langkah-langkah ini:

Klik Mulai, klik kanan Komputer, kemudian klik Properti.

Sistem operasi muncul sebagai berikut:

Untuk sistem operasi versi 64-bit, “Sistem Operasi 64-bit” muncul untuk jenis sistem pada Sistem.

Untuk sistem operasi versi 32-bit, “Sistem Operasi 32-bit” muncul untuk jenis sistem pada Sistem.

Catatan
Microsoft Win32 mode menggunakan prosesor x86 dalam mode flat 32-bit. Oleh karena itu, sistem berbasis x86 berarti sistem operasi versi 32-bit.

Perbedaan utama antara Windows versi 32-bit dan Windows versi 64-bit berkaitan dengan aksesibilitas memori, manajemen memori, dan fitur keamanan yang meningkat. Fitur keamanan yang tersedia pada Windows versi 64-bit meliputi berikut:

  • Perlindungan Lintasan Kernel
  • Dukungan untuk Perlindungan Eksekusi Data (DEP) perangkat keras cadangan
  • Masuk pengandar perintah
  • Penghapusan dukungan untuk pengandar 32-bit
  • Penghapusan subsistem 16-bit

Salah satu keuntungan terbesar dengan menggunakan Windows versi 64-bit adalah kemampuannya untuk mengakses memori fisik (RAM) di atas kisaran 4-gigabyte (GB). Memori fisik tidak dapat dialamatkan oleh Windows versi 32-bit.
Tergantung pada versi Windows yang diinstal, Windows versi 64-bit mendukung mulai dari RAM 1 GB hingga RAM 128 GB. Kemampuan untuk mengalamatkan lebih banyak memori fisik membuat Windows meminimalkan waktu yang diperlukan untuk menukar proses masuk dan keluar dari memori fisik. Oleh karena itu, Windows dapat mengelola proses dengan lebih efisien. Fitur manajemen memori ini membantu meningkatkan keseluruhan kinerja Windows.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar